PILIH PMB

09 Februari 2009

SAATNYA KOTA PASURUAN TANGGUH


PUNYA KAMPUNG CYBER


Realitas perkembangan peradaban saat ini mengindikasikan kemajuan yang sangat pesat, terutama dalam hal teknologi informasi dan komunikasi. Di dunia maya (cyberspace) arus komunikasi dan informasi umat manusia mengalami perkembangan yang significant (berarti).

Hal tersebut ditandai dengan adanya kegiatan komunikasi tidak hanya terpaku pada pengertian tatap muka secara fisik saja. Dalam hitungan detik atau menit, setiap orang bisa bertatap wajah dengan lawan bicaranya meskipun keduanya saling berjauhan jarak. Karena itu, sudah saatnya Kota Pasuruan memiliki Kampung Cyber sebagai pilot project. Dengan adanya Kampung Cyber diharapkan masyarakat tidak lagi gaptek (gagap teknologi)

Kampung Cyber adalah suatu wilayah dari kelurahan tertentu dimana masyarakat dapat memperoleh informasi dan dapat berkomunikasi lewat internet. Pilot project kampung cyber bisa merupakan program pelayanan pemerintah daerah e-government bekerjasama dengan Telkom setempat. Dengan adanya Kampung Cyber diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintah dan DPRD Kota Pasuruan. Karena dengan kecanggihan teknologi informasi SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah), Kecamatan, dan Kelurahan seluruhnya dapat diakses masyarakat melalui internet.

Idealnya, program Kampung Cyber mampu memberi nilai plus bagi warga, contoh jika ada keluarga miskin ketika akan berobat ke poliklinik atau rumah sakit, maka data gakin dapat dengan mudah dan cepat diakses di sana.
Demikian dan masih banyak manfaat dan nilai positif Kampung Cyber bagi kemajuan masyarakatnya. Karena itu, memperjuangkan Kota Pasuruan punya Kampung Cyber adalah suatu keniscayaan.


*Suatu GAGASAN REALISTIS
("Memberi inspirasi tidak harus hebat dan ahli, orang sederhana pun boleh melakukannya")

Tidak ada komentar:

Posting Komentar